Kelola Gaji Bulanan dengan Tips Mengatur Keuangan yang Efektif

Gaji bulanan yang Anda dapatkan mungkin tetap jumlahnya. Akan tetapi, biaya kebutuhan hidup seringkali naik turun, seringkali membuat Anda kehabisan uang saat pertengahan bulan. Dengan mengatur keuangan, tentu saja hal diatas bisa Anda hindari. Sebaiknya Anda mulai mengatur keuangan keluarga agar kebutuhan tercukupi, terlebih jika Anda memiliki gaji kecil yang rasanya sulit memenuhi kebutuhan dalam satu bulan. Di bawah ini, terdapat tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji kecil yang bisa Anda lakukan. Apa saja itu?

Evaluasi Biaya Rumah
Banyak orang kesulitan mengatur uang mengingat pengeluaran biaya untuk rumah yang menghabiskan sebagian besar gajinya. Untuk Anda yang ingin mencicil rumah, sebaiknya carilah KPR yang menawarkan cicilan paling rendah. Jika masih menyewa, sebaiknya pilih kontrakan rumah yang paling murah namun sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rencanakan Belanja Keperluan Bulanan
Boros biasanya diakibatkan oleh penggunaan uang berdasarkan keinginan. Cara terbaik memanfaatkan gaji kecil Anda, buatlah rencana keuangan dengan matang, hanya membeli barang yang menjadi kebutuhkan. Saat membuat anggaran, bagi daftar pengeluaran antara kebutuhan primer dan tersier. Selain itu, berbelanjalah sesuai rencana agar bisa meminimalisir resiko dari kehabisan uang karena membeli yang tidak diperlukan.

Tak Ada Salahnya Belanja Barang Bekas
Jika Anda membutuhkan barang seperti mobil bekas, barang elektronik, furniture dan sebagainya, tidak ada salahnya membeli barang bekas untuk menghemat pengeluaran. Anda bisa membuka toko online yang menawarkan barang bekas, cari barang yang sesuai kebutuhan, kemudian memilih barang dengan kondisi layak pakai seperti baru.

Kurangi Pemakaian Kendaraan
Biasanya, Anda mengeluarkan budget besar untuk penggunaan bahan bakar dan perawatan kendaraan. Untuk berhemat, tidak ada salahnya Anda menggunakan angkutan umum, berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat mengunjungi sebuah tempat. Selain hemat, cara ini membuat Anda bisa semakin sehat karena sembari berolahraga.

Cari Penghasilan Tambahan
Untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan. Anda bisa melakukan usaha sampingan untuk menambah keuangan keluarga, salah satunya berjualan online. Semakin banyak penghasilan tambahan yang Anda peroleh, semakin banyak pula gaji yang bisa Anda sisihkan untuk tabungan masa depan keluarga.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit
Adanya kartu kredit, Anda bisa berbelanja dengan mudah tanpa membawa uang cash. Akan tetapi, kartu kredit seringkali membuat Anda terjebak dalam utang, terlebih jika menggunakannya secara tidak teratur dan berpotensi membuat pengeluaran Anda lebih banyak karena mengharuskan penggunannya membayar bunga dan biaya administrasi bulanan.
 
Menjalankan tips mengatur keuangan keluarga secara efektif akan membuat Anda mampu mengelola pemasukan bulanan Anda dalam memenuhi semua kebutuhan Anda setiap bulannya.

Sumber: dari berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Investor atau "Trader"

Pengertian Saham

Motivasi Investasi